Fitur-Fitur Perintah Pada ADB Fastboot Android dan Fungsinya

Sebagian dari masyarakat yang mengikuti perkembangan dunia digital pastinya sangat tau mengenai ADB Fastboot Android. Sebuah alat yang berfungsi sebagai perantara komunikasi personal computer atau PC dengan perangkat android ini diperkenalkan oleh pengembang android dari google. Adanya Alat ini dinilai semakin memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan sistem operasi android. Bagaimana tidak?? Dalam adb fastboot tool ini dilengkapi dengan berbgai perintah canggih yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan ponsel melalui komputernya.

Bagi Anda yang penasaran dengan perintah apa saja yang dibekalkan pada ADB Fastboot, maka simaklah ulasan ini dengan seksama. Adapun berbegai perintah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Reboot Recovery. Perintah yang satu ini berguna untuk melakukan boot ke menu recovery pada mode android. Dengan adanya perintah ini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti wipe cache dan data serta proses upgrade android ke versi yang baru.
  • Root dan Unroot. Perintah ini merupakan perintah yang wajib ada dalam aplikasi tersebut lantaran tujuan utama dari ADB ialah untuk memudahkan proses root dan unrood android.
  • Push dan Pull. Ya!! Fungsi yang satu ini dapat Anda gunakan untuk memindahkan file. Perintah push digunakan pada saat Anda ingin memindahkan file dari komputer ke ponsel. Sementara itu, pull digunakan untuk mengirimkan file dari ponsel ke komputer.
  • Reboot-Bootloader. Tentu Anda sudah menebak fungsi dari perintah yang satu ini dari namanya. Fungsi dai perintah reboot ialah untuk melakukan reboot atau kegiatan menyalahkan ulang android ke mode bootloader.
  • Sideload. Perintah ini memiliki fungsi untuk membantu proses flash custom ROM maupun file zips dari komputer menuju android.
  • Backup. Fungsi dari perintah yang satu ini ialah untuk membackup file dari ponsel android meuju komputer. Hal ini perlu Anda lakuakan untuk menghindari terjadinya kehilangan file apabila gagal dalam proses sideload.
  • Instal. Perintah ini dapat digunakan apabila Anda ingin menginstal sudatu aplikasi android melalui komputer.

Nah, itulah berbagai perintah-perintah yang terdapat dalam ADB Fastboot beserta penjelasan menganai fungsinya masing-masing. Jika Anda tertarik untuk menggunakan alat tersebut, maka Anda harus segera memasangnya pada komputer kesayangan Anda.